Rumah Minimalis

Rumah Minimalis, 135.000 orang mencari rumah minimalis di bulan mei hingga perkiraan april 2014 menurut dari data yang saya dapatkan dari google adword di menu adword planner ini menunjukan bahwa pencarian Rumah Minimalis sangat banyak di Indonesia, betapa tidak kini orang lebih menyukai Rumah Minimalis dibandingkan dengan rumah adat atau rumah yang sering kita lihat, namun apakah dengan mengetik keyword Rumah Minimalis orang-orang tadi mengerti definisi Rumah Minimalis itu sendiri atau mengetahui apa sih sebenarnya Rumah Minimalis itu dan bagaimana kita membuatnya, bagaimana kita merancangnya untuk rumah kita, dan bagaimana kita merawatnya sehingga tetap awet pertanyaan pertanyaan seperti ini tentu sangat dicari oleh 135.000 orang pencari di internet khususnya di Indonesia. 


Ada banyak pengertian mengenai definisi dari Rumah Minimalis salah salah satunya ada yang mengetakan, gaya arsitektur yang menampilkan elemen-elemen seperlunya saja atau sesederhana mungkin namun terkesan elegan dan unik serta memukau. Kata desain rumah minimalis dan dari pengertian tersebut ada beberapa hal ciri-ciri mengenai Rumah Minimalis dan dari ciri-ciri tersebut dibedakan menjadi dua yaitu Eksterior rumah minimalis dan Interior Rumah Minimalistersebut: 


Eksterior Rumah Minimalis
Eksterior Rumah Minimalis 
  • Biasanya Atap Rumah Minimalis berbentuk datar atau nyaris datar, namun itu tergantung pembuatnya atau tergantung permintaan penghuni rumah nantinya. 
  • Mempunyai bentuk dan garis geometris yang sangat tegas dan didominasi dengan perulangan garis vertikal atau horizontal 
  • mempunyai jendela yang lebar, karena jendela yang lebar memberikan pandangan kelluar lebih luas
  • Serta penataan lanscape yang juga minimalis dan biasanya penggunaan tanaman besar hanya sebagai vocal point saja. 
  • Penggunaan warna cat lebih ngejreng dan lebih tegas.
Interior Rumah Minimalis
Interior Rumah Minimalis 
  • Ruang lebih terbuka karena meminimalkan penyekatan dinding sehingga meskipun tanah tidak terlalu luas ruangan terlihat luas ditambah lighting dan warna cat yang di susun sehingga terlihat luas.
  • Tidak menggunakan ornamen-ornamen interior seperti cornice, ukiran, dan ornamen lain 
  • Lebih mengutamakan furniture yang simple, lebih tegas, polos atau tidak berukiran dan untuk menghindari kesan monoton biasanya menggunakan permainan lighting buatan sehingga mendapatkan efek dramatis. 
Sebenarnya kenapa muncul desain Rumah Minimalis, itu dikarenakan karena kebosanan akan karya arsitektur yang menampilkan desain rumit baik secara ornamen atau susunan ruang, tetapi tidak efektif dalam penggunaanya.

Rumah Minimalis atau desain minimalis dimaksudkan bahwa untuk membuat Rumah Minimalis yang sesimpel dan sedrthana mungkin akan tetapi banyak keefektifan didalam dan diluarnya, akan otetapi saat ini dengan munculnya trend Rumah Minimalis di Indonesia banyak Rumah Minimalis yang melenceng dari konsep Rumah Minimalis itu sendiri dimana masyarakat atau pembuat rumah hanya memaknai minimalis sebagai fasad rumah yang simpel, seperti terdiri dari bidang-bidang datar akan tetapi tidak sampai susunan ruanganya. 

Terbukti walaupun minimalis toh terkadang kita lihat ruanganya dibuat sangat besar padahal penghuninya jarang dirumah dan itu bukanlah sebagian dari konsep rumah minimalis karena banyak ruangan-ruangan rumah yang tidak terpakai sehingga mempunyai kesan tidak efektif.
Maka dari itu untuk membuat Rumah Minimalis hendaknya kita konsep matang matang, ruangan-ruangan yang tidak perlu ornamen ornamen yang kurang begitu perlu kita sulap menjadi sesimpel dan seelegan mungkin untuk kenyamanan Rumah Minimalis yang kita bangun.

Sekian penejlasan mengenai Rumah Minimalis semoga anda terinspirasi dengan artikel Rumah Minimalis ini artikel ini bersumber  dari rumah4minimalis dot com. (terimakasih)